Anda belum login :: 23 Jul 2025 23:39 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Kesulitan dalam Pembuatan KTI, Persepsi Mahasiswa, dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya
Oleh:
Wirahardja, Adrianne Priska Regina Satya
;
Fernando, Ardy
;
Sinulingga, Mario Eka Paskah
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi:
Majalah Kedokteran Damianus vol. 14 no. 03 (2015)
,
page 202-214.
Topik:
Karya Tulis lmiah
;
masalah
;
persepsi mahasiswa.
Fulltext:
20151-Damianus kesulitan dalam pembuatan KTI, Persepsi mahasiswa, dan_compressed.pdf
(2.92MB)
Isi artikel
Pendahuluan: Di Fakultas Kedokteran Unversitas Katolik Indonesia Atma Jaya (FKUAJ) karya tulis ilmiah (KTI) merupakan bagian dari kurikulum sejak tahun 2006. Selama ini persepsi mahasiswa tentang proses pembuatan KTI dan faktor-faktor yang memengaruhinya belum pemah diteliti. Tujuan: studi ini bertujuan untuk menggambarkan kesulitan yang dihadapi mahasiswa dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode: Studi ini adalah studi deskriptif. Semua mahasiswa FKUAJ tahun 2008, yang telah menyelesaikan KTI dalam 9 bulan terakhir, diikutsertakan dalam studi ini. Wawancara dilakukan dengan kuesioner. Variabel tergantung meliputi masalah dalam pencarian ide, pembuatan proposal, melakukan penelitian, dan menulis KTI. Tes Chi Square dengan tingkat kemaknaan 0,05 dilakukan dengan program SPSS 17. Results: 50 responden mengikuti studi ini. Sebagian besar responden mongalami masalah dalam pengumpulan data (70%), mengintepretasikan literatur (68%), mencari literatur (66%), menentukan ide (64%), analisa data (61%), dan membuat latar belakang (50%). Responden yang berpengetahuan baik lebih banyak mempunyai masalah dalam membuat diskusi dan tinjauan pustaka (p<0,05). Responden yang mempunyai pengalaman lebih sedikit mengalami masalah dalam proses pengumpulan data (p<0.05). Kesimpulan: Kesulitan yang dialami mahasiswa cukup luas, mulai dari pencarian ide sampai dengan proses penulisan KTI. Pengalaman yang kurang serta kurangnya retensi pengetahuan tentang topik dan metode penelitian dan penulisan ilmiah kemungkinan besar menjadi penyebabnya. Evaluasi materi dan metode pengajaran, terutama terkait dengan kesinambungan antar blok, perlu dilakukan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)