Anda belum login :: 03 Jun 2025 04:28 WIB
Detail
BukuAnalisa Kebijakan Penetapan Harga Produk Kapsul Kosong Terhadap Penjualan (Studi Kasus Pada PT. Kapsulindo, Jakarta)
Bibliografi
Author: Hamdani, Jurni ; Salib, Saroyini Wuryan Rahayu (Advisor)
Topik: Bauran Pemasaran; Metode Penetapan Harga; Analisa Korelasi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2002    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Jurni Hamdani's Undergraduate Theses.pdf (2.72MB; 3 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEM-4374
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
PT. KAPSULINDO merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri kapsul kosong. PT. KAPSULINDO memproduksi enam jenis ukuran produk kapsul kosong yaitu kapsul kosong dengan ukuran 00, 0E, ON, 11, 22, dan 33. Dimana dari keenam kapsul kosong tersebut produk kapsul ukuran ON mempunyai rata-rata penjualan terbesar untuk tahun 1998. Struktur pasar yang dihadapi oleh PT. KAPSULINDO adalah pasar oligopoli murni. Metode penetapan harga yang diterapkan oleh PT. KAPSULINDO adalah metode "cost plus pricing", namun pada perhitungan awalnya penulis menggunakan perhitungan "mark up" untuk mengetahui bagaimana hubungan antara harga jual ("mark up") dengan volume penjualan. Dalam menganalisis data-data yang ada penulis menggunakan analisa korelasi dan menguji hubungan yang adadengan tes hipotesa koefisien korelasi. Lewat analisis yang dilakukan, maka diperoleh hasil yaitu seluruh produk yang dianalisa mendapatkan hasil r yang positif atau berarti hubungan harga dengan volume penjualan adalah searah. Dimana masing-masing hasil r tersebut adalah sebagai berikut, untuk kapsul kosong ukuran 00 diperoleh nilai r = 0,654; kapsul kosong ukuran 0E diperoleh nilai r = 0,647; kapsul kosong ukuran ON diperoleh nilai r = 0,994; kapsul kosong ukuran 11 diperoleh nilai r = 0,566; kapsul kosong ukuran 22 diperoleh nilai r = 0,921; dan untuk kapsul kosong ukuran 33 diperoleh nilai r = 0,935. Maka kesimpulan untuk keenam produk kapsul kosong dapat dijelaskan sebagai berikut: kapsul kosong ukuran ON mempunyai hubungan yang paling signifikan antara harga dengan volume penjualannya, serta harga memiliki pengaruh sebesar 28,83% terhadap peningkatan volume penjualan dan sisanya sebesar 71,17% dipengaruhi oleh faktor lain seperti selera, permintaan, pendapatan, dan Iain-Iain. Pada akhir penulisan, penulis akan memberikan saran khususnya pada kapsul kosong ukuran ON yang memiliki volume penjualan terbesar sekalipun "mark up" nya juga memiliki nilai yang besar pula. Dimana saran tersebut adalah perusahaan masih dapat meningkatkan "mark up" asalidak melewati batas-batas harga yang sudah menjadi standar serta tetap memperhatikan harga pesaing
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)