Anda belum login :: 05 Jun 2025 02:04 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Wacana Pragmatik Pada Wacana Iklan Di Media Cetak
Oleh:
Yades, Efri
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Andalas: Jurnal Penelitian vol. 15 no. 42 (Sep. 2003)
,
page 101-114.
Ketersediaan
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
A67
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Tujuan penelitian ini adalah : 1). Mendeskripsikan alat-alat kohesi yang digunakan pada wacana iklan di media cetak, 2) Mendeskripsikan konteks yang menyertai wacana iklan media cetak, 3). Mendeskripsikan ingin disampaikan pa.da wacana iklan di media 'cetak. Metode yang difinisikan dalam penelitian ini dibagi atas tiga tahap, (1) tahap penyediaan data, (2) tahap penganalisa data, (3) tahap penyajian hasil analisis data (Sudaryanto, 1993:5), Pada tahap penyediaan data digunakan metode silnak dengan teknik catat. Data diambil dari sumber tertulis yakni : koran, majalah dan tabloit, Untuk menganalisa data penulis menggunakan metode canggih dengan teknik dasar bagi unsur langsung, dan metode padan pragmatis. Untuk menyajikan hasil analisis digunakan metode informal dan formal. Data hasil analisis data, maka didapatkan kesilnpulan sebagai berdrut: (1) saran kehosif yang dig-unakan pada wacana iklan dimedia ceta.k a.dalah pronomin3., elipsis, konjungsi, repitisi, hiponim, dan sinomim, (2) Konteks pada wacana iklan di media cetak adalah pembicara, pendengar, saluran, kode, bentuk pesan, ruJuan dan situasi, (3) pesan yang disampaikan wacana ildan di media cerak adab.h barang atau produk yang ditawarkan merupakan barang atau produk yang paling baik atau bagus.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)