Anda belum login :: 05 Jun 2025 02:04 WIB
Detail
ArtikelAnalisis Wacana Pragmatik Pada Wacana Iklan Di Media Cetak  
Oleh: Yades, Efri
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Andalas: Jurnal Penelitian vol. 15 no. 42 (Sep. 2003), page 101-114.
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: A67
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah : 1). Mendeskripsikan alat-alat kohesi yang digunakan pada wacana iklan di media cetak, 2) Mendeskripsikan konteks yang menyertai wacana iklan media cetak, 3). Mendeskripsikan ingin disampaikan pa.da wacana iklan di media 'cetak. Metode yang difinisikan dalam penelitian ini dibagi atas tiga tahap, (1) tahap penyediaan data, (2) tahap penganalisa data, (3) tahap penyajian hasil analisis data (Sudaryanto, 1993:5), Pada tahap penyediaan data digunakan metode silnak dengan teknik catat. Data diambil dari sumber tertulis yakni : koran, majalah dan tabloit, Untuk menganalisa data penulis menggunakan metode canggih dengan teknik dasar bagi unsur langsung, dan metode padan pragmatis. Untuk menyajikan hasil analisis digunakan metode informal dan formal. Data hasil analisis data, maka didapatkan kesilnpulan sebagai berdrut: (1) saran kehosif yang dig-unakan pada wacana iklan dimedia ceta.k a.dalah pronomin3., elipsis, konjungsi, repitisi, hiponim, dan sinomim, (2) Konteks pada wacana iklan di media cetak adalah pembicara, pendengar, saluran, kode, bentuk pesan, ruJuan dan situasi, (3) pesan yang disampaikan wacana ildan di media cerak adab.h barang atau produk yang ditawarkan merupakan barang atau produk yang paling baik atau bagus.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)