Penelitian ini dilakukan beranjak dari menjamurnya pasar swalayan akhir-akhir ini yang dikhawatirkan akan mematikan pasar non swalayan (pasar tradisional), dan bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan para ibu rumah tangga memilih suatu tempat berbelanja (dalam membeli barang kebutuhan sehari-hari) dan kemana mereka cenderung untuk berbelanja (pasar swalayan atau non swalayan) serta kaitan antara perilaku ditinjau dari faktor-faktor tersebut. Populasi penelitian adalah para ibu rumah tangga di Kecamatan Grogol-Petamburan wilayah Jakarta barat. Data diperoleh dengan menggunakan metode Stratified Cluster Purposif. Random Sampling dengan jumlah sampel sebesar 434 sampel. Dari permasalahan yang ada, penelitian ini melibatkan beberapa variabel bebas: pendapatan, waktu tempuh, waktu berbelanja, kenyamanan berbelanja, harga barang, jaminan penjual, areal perparkiran, insentif penjualan dan penggunaan kartu kredit dan satu variabel tidak bebas yaitu: perilaku pilihan belanja para ibu rumah tangga. Analisis data dilakukan dengan analisis data deskriptif dan analisis regresi. Untuk analisis regresi menggunakan analisis regresi logistik dimana pembentukan model regresi menggunakan paket Software "Statistik SPSS/PC+" dengan menggunakan metode "Forward Stepwise Selection" yang akan menghasilkan satu variabel tergantung dan beberapa variabel bebas yang pengaruhnya signifikan. |