Anda belum login :: 21 Jul 2025 22:39 WIB
Detail
BukuPreferensi Masyarakat Peminat Pendidikan Tinggi terhadap Program Pendidikan Gelar (Sarjana) dan Program Pendidikan Non-Gelar (Diploma)
Bibliografi
Author: Widyarto, M.B. ; Elia, Herman ; Wanei, Gerda K. ; Widjaja, Anny E. L. ; INGRIDWATI KURNIA ; Kristyanti, Johana Rosalina ; Limansubroto, Catherine D.M.
Topik: Education; Diploma; Sarjana
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 1988    
Jenis: Research Report
Fulltext: Preferensi Masyarakat Peminat Pendidikan Tinggi Terhadap Program Pendidikan Gelar.pdf (1.5MB; 4 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: RR-285
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi mengenai kecenderungan minat siswa kelas 3 SMA terhadap program pendidikan gelar dan program pendidikan non-gelar (masalah-1); serta faktor yang mempunyai hubungan dengan kecenderungan minat siswa terhadap kedua program pendidikan tinggi (masalah-2). Sampel yang digunakan berjumlah 659 siswa kelas 3 SMA jurusan A1, A2, A3 dan A4. Sampel diambil dengan teknik "purposive sampling", kepada sampel tersebut diberikan angket yang berisi 44 butir pernyataan yang telah dianalisa dan dinyatakan "valid". Hasil peneltian yang menjawab masalah-1 menunjukkan nilai-t = 3,31 (taraf signifikansi .001). Ini berarti ada perbedaan minat siswa kelas 3 SMA terhadap program pendidikan gelar dan non-gelar. Dari perbedaan Mean (M gelar > M non-gelar) dapat disimpulkan bahwa siswa kelas 3 SMA lebih berminat terhadap program pendidikan gelar. Untuk masalah-2 diperoleh hasil bahwa kebutuhan akan status sosial mempunyai hubungan dengan program pendidikan gelar (r = .8587, taraf signifikansi .001). Berbeda dengan program gelar, faktor kemudahan mencari kerja adalah faktor yang paling berperan dalam pemilihan program non-gelar (r = .8712, taraf signifikansi .001). Dengan diperolehnya hasil penelitian ini, ada hal yang dapat didiskusikan. Dapat dipertanyakan, adakah siswa belum memperoleh informasi yang cukup mengenai dasar pemikiran pembagian program pendidikan gelar dan non-gelar, sehingga terjadi asosiasi yang kuat antara pendidikan tinggi dengan gelar kesarjanaan? Untuk ini, disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut untuk melihat beberapa kemungkinan di atas.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)