Anda belum login :: 05 Jun 2025 06:55 WIB
Detail
BukuProfil Guru Bahasa Inggris SMTA di DKI Jakarta
Bibliografi
Author: SIMANULLANG, NOVYANTI
Topik: Profil Guru; kualitas recruitment Proses Belajar Mengajar; Tujuan Instruksional
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 1993    
Jenis: Research Report
Fulltext: Profil Guru Bahasa Inggris SMTA di DKI Jakarta.pdf (816.37KB; 0 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: RR-1528
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Berbagai usaha untuk meningkatkan kualitas guru bahasa Inggris telah dilaksanakan oleh pemerintah maupun oleh pihak swasta/sekolah akan tetapi dirasakan bahwa guru bahasa Inggris SMTA masih jauh memenuhi persyaratan ideal dalam arti memiliki kualitas pribadi, menguasai kemampuan teknis dan profesional. Penelitian ini menggambarkan profil guru bahasa Inggris di dua-puluh tujuh Sekolah Menengah Atas di Daerah Khusus Ibukota, Jakarta. Ada tiga aspek utama yang akan disibak di penelitian ini, yaitu: (A). Kualitas pribadi guru. (B). Penguasaan kemampuan teknis. (C). Profesionalisme. Penelitian ini menggunakan tiga teknik untuk mendapatkan data atau informasi yang diselidiki. Ketiga teknik itu ialah:
A. Sumber rujukan tertulis dari Kanwil Depdikbud DKI, untuk mendapatkan informasi tentang akreditasi sekolah.
B. Kuesioner, untuk memperoleh keterangan tentang latar-belakang, pengalaman dan kegiatan-kegiatan guru yang di selidiki.
C. Wawancara, untuk menyibak hal-hal yang tak tercakup di Kuesioner.
Hasil penelitian ini sangat berguna sebagai sarana analisis kebutuhan guru bahasa Inggris SMTA di DKI, dengan mempertimbangkan proposisi terakhir di atas dan kualitas yang diharapkan SMTA untuk pengajaran bidang studi yang bersangkutan. Hasil penelitian ini juga dapat digunakan untuk pedoman "recruitment" calon guru bahasa Inggris SMTA di DKI Jakarta. Dengan didapatkan profil guru bahasa Inggris di dua-puluh tujuh SMTA ini, FKIP ataupun IKIP dapat merencanakan kegiatan peningkatan sumber daya manusia dengan akurat, yaitu dengan memberikan penataran kepada guru bahasa Inggris SMTA yang membutuhkan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru bahasa Inggris berusia muda dengan latar belakang pendidikan Strata Satu jurusan bahasa Inggris. Perbedaan Jenis sekolah, umur dan jenis kelamin tidak menunjukkan adanya perbedaan kepatutan mengajar. Disamping itu data menunjukkan bahwa sebagian besar (48 %) guru bahasa Inggris tidak pernah mengikuti pendidikan tambahan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)