Anda belum login :: 12 Jun 2025 15:24 WIB
Detail
ArtikelKecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika  
Oleh: Achdiyat, Maman ; Utomo, Rido
Jenis: Article from Article
Dalam koleksi: Jurnal Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA vol. 7 no. 3 (Dec. 2017), page 234-245.
Topik: Kecerdasan Visual-Spasial; Kemampuan Numerik; Prestasi Belajar Matematika
Fulltext: 2234-5756-1-PB_Ros.pdf (868.86KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FF29
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini menggunakan metode survey bertujuanuntuk mengetahui pengaruh kecerdasan visual-spasial dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika, pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI di Kecamatan Tenjolaya. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling terhadap 111 sampel. Teknik pengumpulan data berupa pemberian tes 25 butir soal kecerdasan visual-spasial dan 30 butir soal kemampuan numerik dalam bentuk pilihan ganda, sedangkan data prestasi belajar matematika diambil dari nilai ulangan kenaikan kelas (UKK). Sebelum melakukan uji hipotesis dilakukan uji validitas butir soal untuk tes kecerdasan visual-spasial dan tes kemampuan numerikyang diuji menggunkan korelasi point biserial. Hasil perhitungan normalitas data menggunakan chi-kuadrat dinyatakan normal. Pengujian hipotesis statistik dengan uji t dan uji F.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan visual-spasial dan kemampuan numeriksecara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)