Anda belum login :: 08 Jun 2025 07:39 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Gaya dan Kesiapan Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa  
Oleh: Sirait, Erlando Doni
Jenis: Article from Article
Dalam koleksi: Jurnal Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA vol. 7 no. 3 (Dec. 2017), page 207-218.
Topik: Gaya Belajar; Kesiapan Belajar; Pemahaman Konsep Matematika
Fulltext: 2231-5753-1-PB_Ros.pdf (623.4KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FF29
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh gaya dan kesiapan belajar terhadap pemahaman konsep matematika pada kelas VIII SMP Negeri di Sub. Rayon 01 Kecamatan Cimanggis - Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode expose facto dengan ANOVA dua arah, dengan jumlah sampel sebanyak 162 orang, yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen pengisian angket yang terdiri dari 30 pernyataan gaya belajar, 25 pernyataan kesiapan belajar serta 5 soal pemahaman konsep matematika. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan Gaya Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Kesiapan Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika, (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan interaksi Gaya dan Kesiapan Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Implikasi penelitian ini adalah gaya belajar kinestetik dengan kesiapan belajar tinggi memberikan kontribusi yang lebih dominan dibandingkan gaya belajar visual dan auditorial dengan kesiapan belajar tinggi maupun rendah terhadap pemahaman konsep matematika.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)