Anda belum login :: 25 Jul 2025 20:33 WIB
Detail
ArtikelStudi Kelayakan Pengembangan Aplikasi Bank Soal dalam Rumah Belajar  
Oleh: Mutmainah, Siti
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknodik vol. 21 no. 1 (Jul. 2017), page 14-26.
Topik: penilaian; bank soal; Rumah Belajar; teknologi
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ128
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPerkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu dunia pendidikan dalam pengembangan alat penilaian hasil belajar siswa. Pemanfaatan teknologi dalam penilaian memberikan potensi yang tinggi serta nilai tambah melalui pengumpulan dan analisis data yang akurat. Keberadaan bank soal bermanfaat untuk mengatasi masalah guru ketika ingin melakukan penilaian. Setiap kali akan mengkonstruksi tes untuk penilaian, para guru tinggal mengambil butir-butir soal yang telah ada di bank soal. Selain mempermudah dalam penyusunan instrumen tes, juga menjamin kualitas instrumen yang akan dipakai. Portal Rumah Belajar sebagai portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyediakan berbagai fasilitas pendukung pembelajaran. Guna mendukung tugas guru dalam melakukan penilaian, Rumah Belajar mengembangkan fitur Bank Soal yang diharapkan menjadi milik komunitas, dengan pengisian soal dan aktivitas penilaian dari dan untuk komunitas belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dan informasi dikumpulkan melalui petikan hasil evaluasi aplikasi Bank Soal yang telah dikembangkan sebelumnya. Dari hasil studi yang dilakukan diperoleh bahwa pada pengembangan aplikasi Bank Soal, masih ada kekurangan yang signifikan pada tampilan, navigasi, dan database. Sehingga disimpulkan bahwa aplikasi Bank Soal masih perlu perbaikan agar dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)