Anda belum login :: 27 Apr 2025 12:56 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisa Kualitas Layanan E-Government Dengan Pendekatan E-Govqual & IPA
Oleh:
Napitupulu, Darmawan
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Penelitian Pos dan Informatika vol. 6 no. 2 (Dec. 2016)
,
page 153 - 168.
Topik:
Kualitas
;
Layanan
;
e-Government
;
e-GovQual
;
IPA
Fulltext:
67-256-1-PB_Ros.pdf
(829.8KB)
Isi artikel
Sejak adanya Inpres No.3 tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi pengembangan e-Government, Pemerintah dituntut harus mampu memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui pengembangan e-Government. Jika ditilik kondisi pemanfaatan e-Government di tingkat nasional, memang sudah banyak daerah yang memiliki inisiatif mengimplementasikan e-government, namun tidak dipungkiri disparitas juga terjadi antar daerah atau lembaga di Indonesia dengan berbagai alasan, seperti faktor manajemen, infrastruktur, dan sumber daya manusia yang berbeda-beda. E-Government yang dikembangkan hanya mengindikasikan sekedar pemenuhan terhadap kebijakan tanpa disertai kualitas. Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana pengembangan e-Government di Indonesia khususnya kualitas layanan publik melalui website. Metode penelitian yang digunakan adalah survei berbasis kuesioner dengan pendekatan e-Govqual. Hasil survey dianalisis dengan metode IPA untuk melihat gap antara harapan dan kinerja layanan yang diberikan. Hasil dari penelitian diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam mengetahui kualitas layanan dari sistem e-Government yang telah diimplementasikan berdasarkan perspektif pengguna. Selain itu juga dapat diberikan rekomendasi terkait kualitas layanan apa yang harus ditingkatkan dan dipertahankan oleh pemerintah daerah.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)