Pada bulan Desember 1990 masalah Manajemen Gaya Indonesia menjadi hangat kembali dengan diadakannya seminar yang berjudul: "Menuju Manajemen Gaya Indonesia" yang diselenggarakan oleh beberapa organisasi profesi di-Indonesia. Seminar semacam ini pemah juga dilakukan pada bulan Juli 1979 dengan judul "Konsep Manajemen Indonesia". Kedua pertemuan tersebut tidak dapat menyimpulkan apa yang sebenarnya disebut Manajemen Indonesia dan apa yang membedakannya dengan gaya-gaya manajemen lainnya. sedemikian rupa sehingga Gaya Manajemen Indonesia yang khas tersebut membawa akibat yang positif terhadap proses manajemen perusahaan Indonesia. Artinya, gaya manajemen yang menyebabkan timbulnya proses manajemen yang khusus akan menghasilkan efektivitas yang tinggi bagi perusahaan. Proses pencaharian gaya manajemen Indonesia tersebut mungkin hanya akan berhasil sebagian saja. Yang mungkin dicapai adalah identifikasi dari beberapa ciri yang terdapat pada perusahaan2 Indonesia. Namun lepas dari pendapat apakah perusahaan2 Indo¬nesia mempunyai gaya manajemen yang khas atau tidak penulis disini hanya ingin menyinggung beberapa aspek yang hams diperhatikan sebelum kita secara konkrit berkonklusi bahwa dinegara kita ini, perusahan2 menjalankan suatu gaya manajemen yang spesifik, yang berbeda dengan gaya2 manajemen yang terdapat dinegara-negara lain, sehingga kita dapat menyebutnya Manajemen Indonesia, yaitu manajemen yang efektif bagi perusahaan2 Indonesia dan yang efektivitasnya sejajar dengan Manajemen Jepang, Amerika, dsb. yang sudah kita kenal. |