PT. Metrodata Electronics, Tbk (PTME) sebagai salah satu pelaku bisnis pemasaran produk komputer dan perlengkapannya di Indonesia telah mendistribusikan produk-produk komputer terkemuka seperti ACER, COMPAQ, CREATIVE, EPSON, SEAGATE dan lain-lain di Indonesia selama kurang lebih 16 tahun. Permasalahan utama yang dihadapi oleh PT. Metrodata Electronics, Tbk antara lain adalah ancaman menurunnya pangsa pasar akibat semakin ketatnya situasi persaingan khususnya di segmen pasar retail dan jasa komputer dimana PT. Metrodata Electronics, Tbk yang merupakan pemain baru di segmen pasar tersebut, harus bersaing memperebutkan pangsa pasar dengan perusahaan-perusahaan retail lainnya, disamping menghadapi kondisi pasar yang lesu akibat krisis. Untuk itu PT. Metrodata Electronics, Tbk perlu melakukan analisis terhadap perubahan-perubahan lingkungan yang terjadi serta mampu menentukan strategi yang tepat guna memenangkan persaingan. Tujuan penelitian dan penulisan tesis ini adalah untuk memperoleh data yang dapat memberikan informasi yang memadai tentang kondisi persaingan pada industri Teknologi Informasi di Indonesia khususnya di sektor industri retail dan jasa komputer serta menganalisis strategi bersaing yang mungkin diterapkan oleh perusahaan dalam rangka memenangkan persaingan. |