Anda belum login :: 04 Jun 2025 14:11 WIB
Detail
ArtikelPerbandingan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Pegawai Sebelum dan Sesudah Penetapan Badan Layanan Umum (BLU)  
Oleh: Andiyarti, Betty
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia (The Indonesian Journal of Medical Education) vol. 05 no. 03 (Nov. 2016), page 192-200.
Topik: Pelayanan Publik; Kinerja; Kepuasan
Fulltext: J10 v5 n3 p192 kelik2017.pdf (189.82KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan FK
    • Nomor Panggil: J10.K
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelLatar belakang: Sistem Kinerja Berbasis Badan Layanan Umum (BLU) menuntut Institusi Pendidikan yaitu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai penyedia barang atau jasa tanpa mencari keuntungan dan dalam pelaksanaannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktifitas. Kinerja Badan Layanan Umum sudah mengacu pada pelayanan sektor publik yang menerapkan prinsip (1) kesederhanaan, (2) kejelasan, (3) kepastian waktu, (4) akurasi, (5) keamanan, (6) tanggung jawab, (7) kelengkapan sarana dan prasarana, (8) kemudahan akses, (9) kenyamanan, (10) kedisiplinan, kesopanan, dan keramahan. Dalam Institusi pendidikan, kinerja pelayanan dibidang akademik, laboratorium dan proses belajar mengajar harus bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada mahasiswa sebagai pengguna jasa layanan, dalam penelitian ini kinerja pegawai tersebut akan dibahas berdasarkan 6 (enam) kriteria indikator kinerja pegawai yaitu dari segi kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektifitas, kemandirian, dan komitmen kerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kinerja pegawai bagian administrasi akademik, pengelola laboratorium dan kinerja dosen pada proses pembelajaran dalam memberikan pelayanannya kepada mahasiswa sebagai pengguna jasa layanan di institusi pendidikan. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan eksploratif dengan metode kualitatif. Dalam penelitian ini akan memberikan informasi mengenai dua situasi yang berbeda yaitu pengalaman masa lampau dan pengalaman pada saat ini, sehingga dapat diketahui kepuasan mahasiswa terhadap kinerja pegawai sebelum dan sesudah penetapan Badan Layanan Umum (BLU). Hasil: Sebelum penetapan BLU kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan belum optimal, petugas belum memberikan infomasi yang akurat kepada mahasiswa, belum bekerja sesuai dengan waktu pelayanan yang diberikan, namun setelah penetapan BLU kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa semakin meningkat dan pegawai sudah menjalankan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing. Kesimpulan: Penetapan Badan Layanan Umum (BLU) dapat meningkatkan kinerja pegawai dalam hal pelayanan sehingga dapat memberikan kepuasan kepada mahasiswa sebagai pengguna jasa layanan di Institusi Pendidikan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)