Anda belum login :: 04 Jun 2025 13:55 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penggunaan Template Study Planner untuk Menunjang Proses Self-Directed Learning - Sebuah Studi Literatur
Oleh:
Nasution, Halimah Thania
;
Rahayu, Gandes Retno
;
Hadianto, Tridjoko
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi:
Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia (The Indonesian Journal of Medical Education) vol. 05 no. 03 (Nov. 2016)
,
page 125-139.
Topik:
Self-Directed Learning
;
Study Planner
Fulltext:
J10 v5 n3 p125 kelik2017.pdf
(265.68KB)
Ketersediaan
Perpustakaan FK
Nomor Panggil:
J10.K
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Latar belakang: Self-directed learning merupakan salah satu bentuk belajar mandiri, dimana, pada prosesnya mahasiswa sebaiknya membuat sebuah study planner terlebih dahulu, agar proses belajar yang akan dikerjakan lebih terarah dan tepat sasaran. Study planner ini dapat digunakan sebagai acuan yang dapat membantu mahasiswa dalam melakukan evaluasi dan refleksi belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan study planner dalam menunjang proses self-directed learning. Metode: penelitian ini berupa studi literatur yang mengulas tentang penggunaan study planner dan hubungannya dengan self-directed learning. Pencarian literatur dilakukan pada 2 database (e-resources perpustakaan nasional dan ERIC) dengan menggunakan 11 kata kunci, yang bertujuan untuk memperoleh seluruh literatur yang ada, yang berkaitan dengan penggunaan study planner dalam menunjang proses self-directed learning. Berdasarkan 5 kriteria inklusi dan eksklusi yang digunakan untuk menyeleksi 22 jurnal yang diperoleh dari hasil pencarian di databased, ditemukan 2 jurnal yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Data di ekstraksi dengan sistematis dengan melakukan segmenting dan coding. Dilanjutkan dengan penentuan pola – pola penting untuk mencari kategori besar. Hasil: berdasarkan proses segmenting dan coding dan penentuan pola – pola penting, ditemukan 2 kategori besar yaitu (1) Manfaat penggunaan study planner terhadap self-directed learning, dan (2) Faktor - faktor yang mempengaruhi study planner dan self-directed learning. Kesimpulan: study planner atau yang sejenisnya dapat membantu mahasiswa dalam melatih keterampilan selfdirected learning pada mahasiswa. Study planner ini juga dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa dalam melakukan proses self-directed learning.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)