Anda belum login :: 15 Apr 2025 19:21 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Kesiapan Belajar Siswa Tunarungu yang Menempuh Pendidikan Inklusi
Oleh:
Cakraningrat, Bagus
;
Fakhruddiana, Fuadah
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Psikologi Indonesia Humanitas vol. 12 no. 2 (Aug. 2015)
,
page 73-81.
Topik:
kesiapan belajar
;
pendidikan inklusi
;
tunarungu
Fulltext:
3826-7338-1-SM_Ros.pdf
(252.21KB)
Isi artikel
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan belajar siswa tunarungu yang menempuh pendidikan inklusi serta mengetahui kondisi yang mendukung dan menghambat kesiapan belajar siswa tunarungu yang menempuh pendidikan inklusi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Dari hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa kedua subjek dapat dikatakan siap menempuh pendidikan di sekolah inklusi. Faktor pendukung kesiapan belajar dua subjek tunarungu yang menempuh pendidikan inklusi adalah perhatian orang tua, guru yang kooperatif, dan teman-teman yang membantu. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lebih pada hal-hal teknis (kurangnya kemampuan berbahasa, sehingga kesulitan memahami pelajaran).
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)