Anda belum login :: 16 Apr 2025 12:23 WIB
Detail
ArtikelKemampuan menulis akademik guru mata pelajaran non-bahasa di Jawa Barat  
Oleh: Setiadi, Riswanda
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya vol. 15 no. 1 (Apr. 2016), page 63-75.
Topik: menulis akademik; guru non-bahasa; pengembangan profesional
Fulltext: 9766-23861-1-SM.pdf (1,010.01KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan: (a) mengukur tingkat kemampuan guru dalam menulis akademik, (b) menganalisis kesalahan guru dalam hasil tes tulisan akademik, dan (c) mengidentifikasi faktor penyebab kesulitan guru dalam mengembangkan kemampuan menulis akademik. Subjek penelitian adalah 126 guru mata pelajaran non-bahasa yang berasal dari 14 kabupaten/kota di Jawa Barat, yang telah mengikuti program sertifikasi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, skor rata-rata tulisan akademik yang dicapai oleh guru adalah 57,2 dari skor total 100. Merujuk kepada skala penilaian tulisan akademik, skor rata-rata ini menunjukkan kategori “cukup baik”. Pengalaman menulis, pelatihan, dan budaya akademik merupakan faktor penting yang berkontribusi terhadap kemampuan guru dalam menulis karya akademik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)