Anda belum login :: 19 Jul 2025 00:12 WIB
Detail
ArtikelAnalisis wacana kritis pemberitaan media indonesia sebagai public relations politik dalam membentuk branding reputation Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)  
Oleh: Amelda, Rezky
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 15 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Kelima Belas, page 843-845.
Topik: Analisis Wacana Kritis; Ahok; Media; Public Relations Politik; Branding Reputation
Fulltext: 843-845 (Rezky Amelda-OK).pdf (237.7KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 15
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 1)
    • Tandon: 1
   Reserve Lihat Detail Induk
Isi artikelDunia Politik dalam beberapa pekan ini semakin sering disorot oleh berbagai media dikarenakan tentang pencalonan Ahok dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017. Baik media cetak, televisi bahkan media online. Dunia politik juga ditandai dengan keterlibatan media dalam ramainya hiruk-pikuk politik di Indonesia. Media massa memiliki kekuasaan politik dan kemampuan untuk membentuk opini publik. Kemampuan ini dapat dijadikan bahan bagi media massa untuk proses tawar-menawar dengan instuisi politik. Berkaitan dengan fenomena tersebut, penelitian ini terfokus pada pemberitaan Portal Online Media Indonesia.com sebagai Public Relations Politik dalam membentuk Branding Reputation Ahok. Objek penelitian ini adalah Analisis Teks pada Portal Online Media Indonesia.com edisi Desember 2016 dan Januari 2017, yang tersaji dalam berita nasional sebagai representasi Branding Image Ahok. Metode penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan Analisis Wacana Kritis dari Norman Fairclough, yang membangun model yang mengintegrasikan secara bersama-sama analisis wacana yang didasarkan pada linguistik dan pemikiran sosial dan politik, dan secara umum diintegrasikan pada perubahan sosial. Penelitian dan bertujuan untuk mengetahui Pemberitaan Portal Online Media Indonesia.com sebagai Public Relations Politik dalam Branding Reputation Ahok pada produksi teks media dalam memaknai realitas kehadiran media. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: produksi teks Potal Online Media Indonesia.com cenderung branding reputation positif Ahok. Public Relations Politik dalam Branding Reputation Ahok pada Produksi Teks media dalam memaknai realitas kehadiran media adalah akumulasi pengaruh dari faktor individu pengelola media (wartawan dan redaktur), level rutinitas media, level organsiasi, level ekstra media (sumber berita, sumber penghasilan media, pihak eksternal seperti pemerintah dan lingkungan bisnis, ideology).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)