Anda belum login :: 02 Jun 2025 22:09 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penggunaan bahasa Indonesia pada artikel daring dalam "media guru Indonesia"
Oleh:
Mulyati, Imas
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
KOLITA 15 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Kelima Belas
,
page 683-687.
Topik:
analisis kesalahan
;
berbahasa
;
artikel daring
Fulltext:
683-687 (Imas Mulyati - OK).pdf
(281.54KB)
Ketersediaan
Perpustakaan PKBB
Nomor Panggil:
406 KLA 15
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 1)
Tandon:
1
Reserve
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Bergulirnya program pemerintah mengenai Gerakan Literasi Sekolah (GLS) telah memupuk kreativitas guru Indonesia dalam menulis. Berbagai nama komunitas literasi sekolah bermunculan bagaikan jamur di musim hujan. Sebuah kondisi yang sangat luar biasa. Program GLS yang dicanangkan pemerintah ternyata telah disambut baik oleh guru Indonesia pada umumnya. Ketika seorang guru menjadi penulis, tentu menjadi sebuah kebanggan bagi kita. Namun, apakah seorang guru telah mampu menuangkan ide dan pikirannya secara sempurna? Tulisan ini menyajikan sebuah hasil penelitian sederhana terhadap penggunaan bahasa yang terdapat pada tulisan beberapa guru Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan informasi tentang penggunaan bahasa Indonesia dalam artikel guru. Aspek yang menjadi objek penelitian adalah penggunaan bahasa Indonesia pada tataran morfologis, sintaksis, dan penggunaan paragraf. Pada tataran morfologis, dapat diketahui beberapa hal, seperti pemilihan kata (diksi), penggunaan imbuhan, dan penggunaan frase. Pada tataran sintaksis, dapat diketahui tentang kemampuan guru dalam menyusun kalimat. Pada tataran lebih luas lagi, melalui penelitian ini dapat diketahui kemampuan guru dalam mengorganisasikan kalimat menjadi paragraf. Pemahaman guru tentang tata letak ide pokok akan menjadi dasar pengoraganisasian paragraf oleh guru tersebut. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, penulis memilih metode penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan adalah studi dokumentasi. Dokumen yang dianalisis oleh penulis berasal dari sebuah media daring yang secara khusus dibuat untuk menampung aspirasi guru. Dokumen ini berupa artikel guru dengan berbagai tema, sesuai dengan pilihan guru. Dalam hal ini, penulis tidak membatasi tema sebagai kriteria pemilihan artikel. Artikel yang dimuat di dalam media daring tersebut dipilih secara random. Untuk kebutuhan tersebut, penulis melakukan random sampling sebagai upaya pemilihan artikel yang akan diteliti. Pemilihan sampel didasarkan pada jenis artikel yang tersedia pada media daring tersebut. Jenis tulisan yang tersedia di antaranya adalah opini, PTK, Best Practice, reportase, kolom, cerpen, resensi, dan parenting. Dari berbagai tuisan tersebut, penulis memilih opini, kolom, dan parenting.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)