Anda belum login :: 02 Jun 2025 22:13 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengembangan bahan ajar perencanaan pembelajaran melalui modelling dan project based learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa PBSI Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Oleh:
Pujiastuti, Rahayu
;
Kulup, Luluk Isani
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
KOLITA 15 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Kelima Belas
,
page 672.
Topik:
Pengembangan Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran
;
Modelling
;
Project Based Learning
Fulltext:
672 Rahayu Pujiastuti & Luluk Isani Kulup -OK.pdf
(106.98KB)
Ketersediaan
Perpustakaan PKBB
Nomor Panggil:
406 KLA 15
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 1)
Tandon:
1
Reserve
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Berdasarkan observasi dan evaluasi yang dilakukan pada mata kuliah Perencanaan PBSI ditemukan adanya masalah. Permasalahan tersebut bersumber pada terbatasnya bahan ajar mata kuliah Perencanaan PBSI yang memberi contoh riil dan menyeluruh tentang perangkat pembelajaran yang dibutuhkan seorang pendidik bila akan melaksanakan pembelajaran. Akibatnya, mahasiswa tidak dapat membuat keseluruhan perangkat pembelajaran secara baik dan benar. Selain itu, dosen tidak dapat mengembangkan pembelajaran dan memperoleh hasil belajar yang memuaskan dari mahasiswa. Solusi yang dilakukan terhadap masalah tersebut yaitu dengan pengembangan bahan ajar Perencanaan PBSI melalui modelling dan project based learning. Melalui modelling dan project based learning diharapkan masalah dosen dan mahasiswa teratasi. Masalah penelitian ini adalah (a) bagaimana pengembangan bahan ajar Perencanaan PBSI melalui modelling dan project based learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa PBSI Universitas PGRI Adi Buana Surabaya? Dan (2) bagaimana kualitas hasil pengembangan bahan ajar Perencanaan PBSI melalui modelling dan project based learning berdasarkan respon mahasiswa dan penilaian pakar? Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mengembangkan bahan ajar Perencanaan PBSI melalui modelling dan project based learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa PBSI Universitas PGRI Adi Buana Surabaya; (2) mengetahui kualitas hasil pengembangan bahan ajar Perencanaan PBSI melalui modelling dan project based learning berdasarkan respon mahasiswa dan penilaian pakar. Penelitian ini merupakan penelitian tahun pertama berupa penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4-D oleh Thiagarajan dan Semmel, terdiri atas tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Yang menjadi subjek penelitian ini yaitu mahasiswa angkatan 2014 dan dosen PBSI Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Data penelitian ini adalah hasil pengembangan bahan ajar Perencanaan Pengajaran melalui modelling dan project based learning dan gambaran kualitas bahan ajar Perencanaan PBSI hasil pengembangan berdasar respon mahasiswa dan penilaian pakar. Selain itu, sebagai bahan untuk membuat laporan akhir tahun penelitian. Pada tahap ini dilakukan penyuntingan akhir terhadap bahan ajar hasil pengembangan sehingga menjadi produk akhir pengembangan bahan ajar Perencanaan PBSI yang siap cetak. project based learning.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)