Produk merupakan salah satu elemen dari bauran pemasaran yang cukup penting. Agar produk yang dihasilkan suatu perusahaan dapat bersaing dengan produk lainnya, maka perusahaan perlu melakukan kegiatan pengembangan produk, yaitu dengan merancang produknya sedemikian rupa agar dapat memenuhi keinginan konsumen dan mencapai pangsa pasar yang dikehendaki. Penelitian tentang pengembangan produk ini dilakukan terhadap PT. Ikapharmindo Putramas, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri farmasi yang cukup besar di Indonesia. Perusahaan ini khususnya memproduksi obat-obatan untuk pasar dalam negeri. Pada tahun 1998 perusahaan berusaha untuk memodifikasi produk yang dihasilkan. Dalam melakukan kegiatan pengembangan produk sebaiknya perusahaan terlebih dahulu melakukan riset atau penelitian terhadap perubahan kebutuhan konsumen secara terus menerus. Perubahan ini hanya dapat diimbangi dengan menciptakan suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Keberhasilan perusahaan dalam mengembangkan produknya akan sangat mempengaruhi usaha perusahaan terutama untuk meningkatkan volume penjualan, sebab apabila perusahaan hanya menetapkan harga produksi yang bersaing, promosi yang gencar dan sistem distribusi yang baik. Tanpa mengadakan pengembangan produk, maka perusahaan tidak dapat mencapai hasil penjualan yang maksimal. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan konsumen yang merasa jenuh terhadap jenis produk yang dihasilkan. Dari penelitian yang telah dilakukan pada PT. Ikapharmindo Putramas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan pengembangan produk mempengaruhi tinggi rendahnya tingkat penjualan, dan berdasarkan data penjualan perusahaan selama tiga tahun terakhir, terbukti bahwa pengembangan produk tersebut telah berhasil meningkatkan volume penjualan. Melalui pembuktian ini, perusahaan menyadari pentingnya melakukan kegiatan pengembangan produk untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan. Jadi diharapkan perusahaan dapat menerapkan strategi pengembangan produk dengan cermat, tepat, dan efisien. |