Kepuasan pelanggan dapat dicapai apabila perusahaan dapat menyajikan pelayanan yang baik. Dalam penelitian ini terdapat 8 atribut yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada para pelanggannya. Diantaranya adalah keragaman model & merek kacamata, waktu yang dibutuhkan dalam pemrosesan kacamata sehingga siap dipakai, kualitas kacamata yang sudah diproses sesuai pesanan, kelengkapan peralatan periksa mata, keakuratan dalam memeriksa mata, tingkat keahlian dan pengetahuan tentang perkacamataan, keramahan dan kesopanan karyawan, kesiapan dan kesigapan karyawan dalam menangani keluhan. Pihak perusahaan harus dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat terutama yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen atau pelanggan. Dengan demikian perlu diketahui pengertian perilaku konsumen, model perilaku konsumen, proses keputusan pembelian dan pengertian kepuasan konsumen. Penelitian dilakukan terhadap Optik "C", yang merupakan toko kacamata yang berdiri sejak tahun 1965 di kota Garut, dimana optik tersebut berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat akan kacamata. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kecenderungan sikap dan pendapat konsumen terhadap atribut-atribut yang diberikan oleh pihak optik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Metode penelitian survai dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada para pelanggan (100 responden). Analisa dari hasil kuesioner yang dibagikan kepada pelanggan tersebut dilakukan berdasarkan tingkat penilaian dan harapan/kepentingan pelanggan terhadap atribut-atribut yang diberikan oleh Optik "C". Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan tersebut dianalisa dengan menggunakan Overall Means Score (OMS). Sebagai kesimpulan, dapat diketahui bahwa secara keseluruhan hasil analisa menunjukkan bahwa pada umumnya konsumen merasa puas terhadap atribut-atribut yang telah diberikan oleh perusahaan. Namun dalam hal keramahan dan kesopanan karyawan serta kesiapan dan kesigapan karyawan dalam menangani keluhan, masih terdapat kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki. Selanjutnya dikemukakan juga saran-saran yang dapat membantu untuk memperbaiki kinerjanya dan meningkatkan tingkat kepuasan konsumen atau pelanggan. |