Menganalisa Seberapa besar pengaruh biaya distribusi terhadap peningkatan penjualan PT Tirta Lintas Pratama selama 5 tahun dari tahun 1995 sampai dengan tahun 1999, dimana data diperoleh dari perusahaan. Dalam menganalisa hubungan antara biaya distribusi dan volume penjualan digunakan analisa koefisien korelasi, dimana hasilnya adalah r - 0,99 atau nilai r mendekati 1. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang sempurna posistif dan sangat kuat antara biaya distribusi dengan volume penjualan, dimana setiap perubahan biaya distribusi mempunyai pengaruh yang sangat erat terhadap naik turunnya volume penjualan. Untuk mengukur besarnya peranan saluran distribusi dalam meningkatkan volume penjuaian digunakan koefisien determinasi ( kd ), dimana hasilnya adalah kd = 98,01%, yang berarti tingkat ketergantungan penjualan terhadap kegiatan distribusi ini sebesar 98,01% dan sisanya 1,99% adalah pengaruh dari faktor lain yang secara langsung juga turut meningkatkan penjualan serta jumlah konsumen. Untuk menghitung seberapa besar efektifitas kegiatan distribusi terhadap penjualan digunakan metode kuadrat terkecil (last square method ), yang ternyata setelah dihitung, trend biaya distribusi dan volume penjualan mengalami penurunan dari tahun ke tahun, Dengan mengacu pada perhitungan tersebut maka penulis mengambil kesimpulan bahwa penerapan saluran distribusi yang dilakukan oleh perusahaan belumlah efektif dan perlu ditinjau kembali penggunaannya. |