PT. Mustika Ratu adalah perusahaan swasta nasional yang didirikan pada tahun 1978, tepatnya pada tanggal 14 Maret 1978. PT. Mustika Ratu sejak awal berdirinya dilandasi oleh semangat pengabdian untuk melestarikan nilai -nilai budaya tradisional bangsa Indonesia, khususnya dibidang sarana kesehatan, dalam bentuk jamu dan kosmetika tradisional, termasuk juga produk - produk perawatan pribadi (toiletries) dan minuman segar tradisional. Produk yang dihasilkan perusahaan dikemas dalam botol atau plastik dan sangat praktis. Dalam melakukan kegiatan pengembangan produk PT. Mustika Ratu terlebih dahulu melakukan riset atau penelitian terhadap perubahan selera konsumen secara terus menerus. Kebutuhan konsumen yang terus berubah ubah hanya dapat diimbangi dengan menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen. Untuk itu perusahaan harus meningkatkan kualitas dan kuantitas produk. Keberhasilan PT. Mustika Ratu dalam mengembangkan produk sangat mempengaruhi usaha perusahaan terutama dalam meningkatkan penjualan, sebab apabila perusahaan hanya menetapkan harga produksi yang bersaing, promosi yang gencar dan sistem distribusi yang baik tanpa mengadakan pengembangan produk maka perusahaan tidak dapat mencapai hasil penjualan yang maksimal. Hal ini disebabkan kebutuhan konsumen yang berbeda beda sesuai dengan perkembangan waktu. PT. Mustika Ratu berusaha melakukan pengembangan produk, berkaitan dengan itu penulis mempunyai hipotesis bahwa ada pengaruh antara pengembangan produk dengan peningkatan penjualan. Setelah penulis adakan analisis dengan menggunakan metode koefisien korelasi, ternyata terdapat hubungan yang positif, hal ini terlihat dari hasil perhitungan koefisien korelasi antara biaya pengembangan produk dan penjualan sebesar 84 % artinya setiap kenaikan atau penurunan biaya pengembangan produksi akan diikuti pula dengan kenaikan atau penurunan tingkat penjualan. Melalui pembuktian ini terbukti bahwa pengembangan produk mempunyai kontribusi sebesar 70,56% dalam meningkatkan penjualan semestinya perusahaan rnenyadari pentingnya melakukan kegiatan pengembangan produk untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan, serta diharapkan perusahaan dapat menetapkan strategi pengembangan produk yang cermat dan tepat. |