Anda belum login :: 22 Apr 2025 14:47 WIB
Detail
ArtikelMacam kata yang dikuasu anak usia 2,5 tahun  
Oleh: Wijaya, M. Syirojudin A'malina ; Lestari, Ika Puji ; Manurung, Adi Syahputra
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 15 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Kelima Belas, page 61-64.
Topik: macam kata; anak usia 2; 5 tahun
Fulltext: 61-64 (M. Syirojudin A’malina Wijaya, Ika Puji Lestari, dan Adi Syahputra Manurung - OK).pdf (213.29KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 15
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 1)
    • Tandon: 1
   Reserve Lihat Detail Induk
Isi artikelSebelum anak dapat mengucapkan kata, dia memakai cara lain untuk berkomunikasi. Komunikasi tersebut dalam bentuk tangis dan gestur. Ada dua dua proses yang terjadi ketika seorang anak mempelajari bahasa, yaitu proses pemahaman dan proses penerbitan. Proses pemahaman merupakan proses yang melibatkan kemampuan mengamati atau kemampuan mempersepsi kata yang didengar. Proses penerbitan merupakan proses kemampuan mengeluarkan atau menerbitkan kata-kata tertentu. Kedua proses ini jika dikuasai oleh anak akan menjadi kemampuan linguistik yang tedapat pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam kata yang dikuasai oleh anak usia 2,5 tahun, meliputi (1) kata nomina, (2) kata verba, dan (3) kata adjektiva. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian berupa observasi. Penelitian dilaksanakan pada seorang anak bernama Rayyan Muhammad Alfarizi yang lahir pada tanggal 26 Agustus 2014. Data dalam penelitian ini adalah kata yang diujarkan oleh Rayyan Muhammad Alfarizi. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui teknik observasi partisipasi pasif, yaitu peneliti mengamati apa yang dikerjakan seseorang, mendengarkan apa yang mereka ucapkan, dan peneliti datang ke tempat kegiatan seseorang yang diamati, tetapi tidak ikut terlibat dalam kegiatan tersebut. Dalam hal ini peneliti merekam kegiatan Rayyan Muhammad Alfarizi dalam bentuk video (audio visual). Selanjutnya hasil rekaman ditranskripsikan dalam bentuk tulisan. Instrumen yang digunakan, yakni (1) peneliti sendiri dan (2) berupa tabel pemandu pengumpulan data dan pemandu analisis data. Prosedur analisis data yang dilakukan , meliputi (1) reduksi data (identifikasi, klasifikasi, dan kodifikasi), (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian, terdapat tiga hasil penelitian. Pertama, pengucapan kata nomina pada anak usia 2,5 tahun. Kedua, pengucapan kata verba pada anak usia 2,5 tahun. Ketiga, pengucapan kata adjektiva pada anak usia 2,5 tahun. Berdasarkan hasil penelitian, dikemukakan dua saran. Pertama, bagi orang tua agar lebih sering mengajak anak berkomunikasi untuk memperkaya kata yang bisa dipahami oleh anak. Kedua, orang tua disarankan untuk lebih memberi pemahaman serta mengawasi pergaulan anak di lingkungannya agar anak mengetahui kata-kata apa yang tidak boleh diucapkan (kata-kata kotor).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)