Anda belum login :: 04 Jun 2025 14:13 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Belajar Kolaboratif terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Ilmu Politik  
Oleh: Sugiharto
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknologi Pendidikan vol. 16 no. 2 (Aug. 2014), page 129-139.
Topik: model kooperatif tipe GI; tipe STAD; gaya belajar assimilator; akomodator; hasil belajar
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: TT46
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Penelitian menggunakan metode quasi-eksperiment, dengan desain treatment by level 2x2. Variabel bebas perlakuan adalah model kooperatif tipe GI dan tipe STAD. Variabel atribut adalah gaya belajar assimilator dan akomodator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar dasar-dasar ilmu politik mahasiswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe GI lebih tinggi dibandingkan dengan yang dibelajarkan melalui tipe STAD; 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar; 3) Hasil belajar dasar-dasar ilmu politik kelompok akomodator yang diberi perlakuan tipe GI lebih tinggi dibandingkan dengan yang dibelajarkan melalui tipe STAD; 4) Hasil belajar kelompok asimilator yang dibelajarkan dengan tipe GI lebih rendah dibandingkan dengan yang dibelajarkan melalui tipe STAD.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)