Anda belum login :: 20 Feb 2025 08:07 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kecerdasan Sosial Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa MAN Tanah Jambo Aye
Oleh:
Fitriani
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Jurnal Teknologi Pendidikan vol. 16 no. 2 (Aug. 2014)
,
page 82-93.
Topik:
pembelajaran
;
kecerdasan sosial
;
pembelajaran kolaboratif
;
problem solving
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
TT46
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan korelasi metode belajar dan kecerdasan sosial siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Metode pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini ada dua yaitu metode kolaboratif dan problem solving; sedangkan kecerdasan sosial dibedakan menjadi kecerdasan sosial tinggi dan kecerdasan sosial rendah. Hasil penelitian: (1) metode pembelajaran kolaboratif lebih baik daripada metode pembelajaran problem solving; (2) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kecerdasan sosial dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan; (3) hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan sosial tinggi belajar dengan metode kolaboratif lebih baik daripada problem solving; dan (4) tidak terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan antara siswa yang memiliki kecerdasan sosial rendah dengan metode kolaboratif dan siswa dengan kecerdasan sosial rendah yang belajar dengan metode problem solving.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.046875 second(s)