Anda belum login :: 02 Jun 2025 22:09 WIB
Detail
ArtikelRepresentasi gender dalam jual beli produk di instragram  
Oleh: Mubarok, Akhmad Syahrul ; Andika, Sony ; Rokhmawati, Zahro
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 15 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Kelima Belas, page 31-34 .
Topik: representasi; gender; simbol; semiotik
Fulltext: 31-34 (Akhmad Syahrul Mubarok, Sony Andika, Zahro Rokhmawati-OK).pdf (389.84KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 15
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 1)
    • Tandon: 1
   Reserve Lihat Detail Induk
Isi artikelInstagram adalah aplikasi layanan berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya akun pribadi instagram masing-masing dan ke berbagai layanan jejaring sosial lain seperti facebook, twitter, dan lainnya. Sehubungan dengan aktivitas berjualan di instagram ini mana yang menarik dicermati adalah profil-profil para penjualnya. Beberapa produk tidak menunjukkan dengan jelas apakah dijual oleh pengguna laki-laki atau perempuan. Namun biasanya terlihat dari produk yang dijual dan sapaan yang digunakan berbeda antara laki-laki dengan perempuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini melihat simbol representasi gender dalam aktivitas jual beli produk-produk di Instagram dan memahami simbol-simbol yang ada. Kegiatan jual beli di instagram salah satunya ditandai dengan menyebut "sist" atau “bro” oleh setiap pengguna, profil gambar di setiap kolom komentar, dan tentu saja identik dengan foto pengguna. Untuk memahami simbol, metode semiotik digunakan dalam penelitian ini. Keterwakilan perempuan sangat dominan dalam kegiatan produk Islam untuk menjual di facebook. Ini bisa dilihat dari profil produk, bahasa, dan user. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui simbol-simbol representasi gender dalam aktivitas berjualan produk di Instagram dan makna yang dipahami dari simbol-simbol tersebut. Tujuan penelitian ini menjadi hal yang urgen karena implikasinya pada kesetaraan gender. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya aktivitas berjualan produk di instagram. Aktivitas berjualan ini tidak hanya ditandai dari bahasa dan gambar promosi namun transaksi jual beli pun bisa dilihat dari kolom komentar dalam instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu mendeskripsikan simbol representasi gender dalam aktivitas jual beli produk-produk di instagram dan memahami simbol-simbol yang ada. Kegiatan jual beli di instagram salah satunya ditandai dengan menyebut "sist" oleh setiap pengguna, profil gambar di setiap kolom komentar, dan tentu saja identik dengan foto pengguna.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)