Anda belum login :: 08 Jun 2025 10:47 WIB
Detail
ArtikelMeningkatkan Interpersonal Skills Siswa SMP pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif  
Oleh: Buana
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Teknologi Pendidikan vol. 16 no. 3 (Dec. 2014), page 169-183.
Topik: interaksi sosial; interpersonal skills; pembelajaran kooperatif; siklus; strategi pembelajaran
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: TT46
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah meningkatkan interpersonal skills dan mengembangkan strategi pembelajaran berorientasi peningkatan interpersonal skills. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan, khususnya penelitian tindakan kolaboratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interpersonal skills siswa meningkat melalui pembelajaran kooperatif yang dinilai dari tiga indikator interpersonal skills, yaitu keterampilan kerjasama tim, keterampilan komunikasi, dan keterampilan kepemimpinan. Selain interpersonal skills dapat ditingkatkan, hal lain yang terwujud melalui pembelajaran kooperatif adalah terbangunnya interaksi sosial positif, seperti kontak sosial dan komunikasi aktif di kalangan siswa. Implikasi penelitian ini adalah pengembangan strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan interpersonal skills siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)