Anda belum login :: 23 Jul 2025 01:53 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Kecemasan dalam Menghadapi Assessment Centre di Kalangan Pekerja Telekomunikasi
Oleh:
Zulkarnaini
;
Pohan, Vivi Gusrini Rahmadani
;
Sulistyawati, Endang
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Psikologi vol. 42 no. 3 (Dec. 2015)
,
page 259 – 277.
Topik:
assessment centre
;
kecemasan
;
big five personality
;
dukungan organisasi
;
pekerja telekomunikasi
;
sumber daya manusia
Fulltext:
9914-18209-1-SM.pdf
(489.4KB)
Isi artikel
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kecemasan karyawan menghadapi assessment centre berdasarkan kepribadian big five dan persepsi dukungan organisasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah pekerja dibidang telekomunikasi dan melibatkan 241 pekerja dengan posisi jabatan setara assistance manager. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala kecemasan menghadapi assessment centre, big five inventory dan skala dukungan organisasi. Analisis statistik menggunakan teknik korelasi Pearson dan Analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan kecemasan menghadapi assessment centre berhubungan negatif dengan trait extraversion, openness to experience, dukungan organisasi dan berhubungan positif dengan neuroticism dan conscientiousness. Implikasi dari studi ini adalah peran dukungan organisasi sangat penting dalam meningkatkan keyakinan dan kepercayaan diri karyawan dalam menghadapi assessment centre.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)