Anda belum login :: 23 Jul 2025 01:53 WIB
Detail
ArtikelKecemasan dalam Menghadapi Assessment Centre di Kalangan Pekerja Telekomunikasi  
Oleh: Zulkarnaini ; Pohan, Vivi Gusrini Rahmadani ; Sulistyawati, Endang
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Psikologi vol. 42 no. 3 (Dec. 2015), page 259 – 277.
Topik: assessment centre; kecemasan; big five personality; dukungan organisasi; pekerja telekomunikasi; sumber daya manusia
Fulltext: 9914-18209-1-SM.pdf (489.4KB)
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah untuk menguji kecemasan karyawan menghadapi assessment centre berdasarkan kepribadian big five dan persepsi dukungan organisasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah pekerja dibidang telekomunikasi dan melibatkan 241 pekerja dengan posisi jabatan setara assistance manager. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala kecemasan menghadapi assessment centre, big five inventory dan skala dukungan organisasi. Analisis statistik menggunakan teknik korelasi Pearson dan Analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan kecemasan menghadapi assessment centre berhubungan negatif dengan trait extraversion, openness to experience, dukungan organisasi dan berhubungan positif dengan neuroticism dan conscientiousness. Implikasi dari studi ini adalah peran dukungan organisasi sangat penting dalam meningkatkan keyakinan dan kepercayaan diri karyawan dalam menghadapi assessment centre.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)