Anda belum login :: 28 Apr 2025 18:05 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Persepsi pada Bystander terhadap Intensitas Bullying pada Siswa SMP
Oleh:
Halimah, Andi
;
Khumas, Asniar
;
Zainuddin, Kurniati
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Psikologi vol. 42 no. 2 (Aug. 2015)
,
page 129 – 140.
Topik:
persepsi pada bystander
;
intensitas bullying
;
siswa SMP
Fulltext:
7168-12478-1-PB.pdf
(499.97KB)
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran bystander terhadap intensitas bullying pada siswa SMP di Makassar. Sebanyak 48 siswa pelaku bullying berusia 11-15 tahun menjadi subjek penelitian. Skala yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala persepsi pada bystander dan skala intensitas bullying. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif persepsi pada bystander terhadap intensitas bullying dengan nilai r sebesar 0,343 dan signifikansi atau p sebesar 0,017. Adapun nilai sumbangan efektif sebesar 11,8%. Dengan demikian, peran orang yang hadir di lokasi terjadinya bullying dapat meningkatkan intensitas atau meningkatkan kemungkinan berulangnya perilaku bullying pada siswa SMP di Makassar. Konsep sekolah yang ramah pada siswa merupakan hal yang sangat mendesak untuk diterapkan. Segenap stakeholder yang peduli dengan pendidikan dan pembentukan sikap mental atau akhlak peserta didik yang terpuji harus bersinergi untuk mewujudkan cita-cita mulia ini.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)