Anda belum login :: 04 Jun 2025 15:40 WIB
Detail
ArtikelModel Multisensori: Solusi Stimulasi Literasi Anak Prasekolah  
Oleh: Ruhaena, Lisnawati
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Psikologi vol. 42 no. 1 (Apr. 2015), page 47 – 60.
Topik: model multisensori; kemampuan literasi anak prasekolah
Fulltext: 6942-20269-1-PB.pdf (583.5KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan mengembangkan model stimulasi literasi anak prase-kolah untuk memenuhi kebutuhan anak dan mengatasi masalah orang tua dalam upayanya melakukan stimulasi literasi anak prasekolah di rumah. Data kebutuhan anak dan masalah orang tua diperoleh dari kuesioner dan diskusi kelompok terarah. Kuesioner diisi oleh 75 ibu yang memiliki anak usia 3-5 tahun, anggota posyandu dan tinggal di kota Surakarta. Selanjutnya 26 orang dari 75 orang ibu tersebut, mengikuti diskusi kelompok terfokus. Data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa anak memiliki kebutuhan untuk mendapat stimulasi literasi yang menarik perhatian dan menggugah minat mereka terhadap kegiatan literasi. Masalah yang dihadapi orang tua adalah kurangnya keteram-pilan untuk memilih dan melakukan aktivitas literasi anak yang sesuai kebutuhan anaknya. Oleh karena itu dikembangkan model stimulasi yang bersifat multisensoris (audio, visual, dan kinestetik) agar perhatian dan minat anak meningkat.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)