Anda belum login :: 08 Jun 2025 05:35 WIB
Detail
ArtikelAnalisis Faktor Hasil Penilaian Budi Pekerti  
Oleh: Hadiwinarto
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Psikologi vol. 41 no. 2 (Dec. 2014), page 229 – 240.
Topik: budi pekerti; analisis faktor; kognitif; afektif dan perilaku
Fulltext: 6952-12197-1-PB.pdf (394.91KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan faktor hasil penilaian pendidikan budi pekerti siswa di Sekolah Menengah Atas. Sampel penelitian 545 orang siswa kelas dua. Ada empat instrumen yang digunakan, yakni: instrumen aspek kognitif, aspek afektif, aspek perilaku didalam proses pembelajaran dan aspek perilaku di luar proses pembelajaran. Masing-masing aspek mengandung sembilan indikator sebagai faktor. Data dianalisis menggunakan teknik analisis faktor, dan model yang digunakan adalah teknik principal components analysis model confirmatory dengan rotasi metode varimak dengan Kaiser normalization. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing faktor secara statistik bersifat independen, tidak terkait dengan indikator yang lainnya. Temuan ini memperkuat teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini bahwa pendidikan budi pekerti memuat indikator-indikator pengabdian, keyakinan, kejujuran, kedisiplinan, toleransi, demokrasi, rasa memiliki, syukur, dan empati. Secara statistik, masing-masing indikator dengan jelas memuat keempat aspek budi pekerti. Oleh sebab itu, penilaian budi pekerti mencakup aspek kognitif, afektif, dan perilaku merupakan suatu hal yang mutlak harus dilakukan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)