Anda belum login :: 15 Apr 2025 16:33 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Sets Terhadap Cross Disciplinary Knowledge Peserta Didik  
Oleh: Budiarti, Rini ; Wilujeng, Insih ; Jumadi ; Senam
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 35 no. 3 (Oct. 2016), page 322-329.
Topik: pembelajaran IPA; SETS; cross disciplinary knowledge
Fulltext: 10419-27894-her-PB.pdf (802.15KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pembelajaran IPA berbasis SETS terhadap cross disciplinary knowledge peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasi SMP di Makassar yang menerapkan Kurikulum 2013. Sampel diambil sebanyak 3 sekolah yang dipilih berdasarkan stratifikasi yang mewakili sekolah kategori tinggi, sedang, dan rendah. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol pada masing-masing sekolah dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes dengan bentuk soal pilihan majemuk beralasan. Analisis data menggunakan independent sample t- test serta uji U-mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sekolah SMP kategori tinggi dan sedang, capaian cross disciplinary knowledge kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran IPA berbasis SETS rata-rata lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran IPA konvensional, sedangkan pada sekolah kategori rendah capaian cross disciplinary knowledge kelompok eksperimen dan kontrol tidak berbeda secara signifikan
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)