Anda belum login :: 01 May 2025 02:47 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi Dengan Latihan (Drill) Terhadap Penerapan Pengisian Partograf Pada Mahasiswa DIII Kebidanan
Oleh:
Mulati, Triwik Sri
;
Kuswati
;
Rejeki, Aprilinawati Sri
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Cakrawala pendidikan vol. 33 no. 1 (Feb. 2014)
,
page 113-119.
Topik:
metode simulasi
;
metode latihan
;
pengisian partograf
Fulltext:
1867-5246-her-PB.pdf
(110.44KB)
Isi artikel
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pengaruh metode pembelajaran simulasi dengan latihan terhadap penerapan pengisian partograf pada mahasiswa DIII Kebidanan. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain randomized pretest posttest comparison group design dan metode analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon pada kelompok pretes-postes masing-masing kelompok dan uji beda menggunakan uji U Mann-Whitney. Sampel dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa semester III Akbid Estu Utomo Boyolali sejumlah 90 orang, yang dibagi dalam kelompok ekperimen (metode simulasi) sejumlah 45 orang dan pada kelompok kontrol (latihan) sebanyak 45 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok latihan (drill) dan kelompok simulasi dengan nilai z:-3,413 dan p value:0,001 (a= 0.05), dimana kelompok simulasi lebih berpengaruh daripada kelompok latihan (drill).
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)