Anda belum login :: 10 May 2025 04:25 WIB
Detail
ArtikelHambatan Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama dalam Menerapkan Kurikulum Baru  
Oleh: Retnawati, Heri
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 34 no. 3 (Oct. 2015), page 390-403.
Topik: hambatan guru matematika SMP; implementasi kurikulum baru
Fulltext: 7694-19613-her-PB.pdf (204.84KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan hambatan guru matematika SMP dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan focus group discussion. Sumber data adalah 10 guru mata pelajaran matematika SMP di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan mencari tema, kemudian menentukan hubungan antartema untuk memeroleh pemahaman. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, pelatihan dan sosialisasi belum dapat memberikan pemahaman yang baik dan menyeluruh mengenai Kurikulum 2013. Kedua, guru kesulitan mengatur waktu pada perencanaan pembelajaran, merencanakan pembelajaran, merencanakan penilaian sikap, dan memilah pengetahuan dan keterampilan pada penyusunan instrumen penilaian. Ketiga, keterbatasan waktu dalam pelaksanaan pembelajaran, kesulitan berkaitan dengan perangkat pembelajaran, dan kesulitan mengaktifkan siswa. Keempat, sistem penilaian yang rumit dan perlu waktu yang lama untuk menyusun laporan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)