Anda belum login :: 14 May 2025 18:11 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Model Pembelajaran dan Jenis Penilaian Formatif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMPN  
Oleh: Rapi, Ni Ketut
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 35 no. 1 (Feb. 2016), page 69-79.
Topik: model pembelajaran; jenis penilaian formatif; hasil belajar IPA
Fulltext: 8366-21320-her-PB.pdf (594.31KB)
Isi artikelPenelitian bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran konvensional, perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan PBK dan pembelajaran dengan penilaian konvensional, dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan jenis penilaian formatif terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN Singaraja pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 2398 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik multi stage, jumlah sampel 120 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes bentuk objektif, dengan reliabilitas tes = 0,8770, sedang analisis data menggunakan teknikanava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diberi penilaian berbasis kelas dan yang diberi penilaian konvensional, terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan jenis penilaian formatif terhadap hasil belajar IPA.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)