Anda belum login :: 19 Apr 2025 10:33 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Model dan Materi Pendidikan Seks Anak Usia Dini Perspektif Gender untuk Menghindarkan Sexual Abuse
Oleh:
Jatmikowati, Tri Endang
;
Angin, Ria
;
Ernawati
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Cakrawala pendidikan vol. 34 no. 3 (Oct. 2015)
,
page 434-448.
Topik:
pendidikan seks
;
perspektif gender
;
anak usia dini
;
sexual abuse
Fulltext:
7407-19038-her-PB.pdf
(132.94KB)
Isi artikel
Kekerasan seksual yang menimpa siswa PAUD/TK Jakarta International School beberapa waktu yang lalu menyadarkan kita akan pentingnya mengembangkan materi pendidikan seks untuk anak usia dini. Tujuan penelitian adalah untuk menemukan model dan materi pendidikan seks anak usia dini perspektif gender. Sumber data primer penelitian adalah guru-guru TK/PAUD. Langkah penelitian meliputi identifikasi permasalahan sexual abuse anak usia dini, identifikasi kebutuhan, potensi, pendidikan seks anak usia dini perspektif gender, dan FGD workshop model dan materi pendidikan seks anak usia dini perspektif gender. Uji model dan materi oleh psikolog anak dan ahli pendidikan. Ada pun materi pokok pendidikan seks anak usia dini meliputi tema-tema: (1) Aku dan Tubuhku; (2) Aku dan Pakaianku; (3) Keluarga dan Orang di Sekitarku; dan (4) Cara Merawat dan Menjaga Tubuh. Model pembelajaran dengan menggunakan sentra bermain peran. Hasil pengembangan materi ajar divalidasi oleh pakar dengan menghasilkan nilai “Baik” untuk bahan yang menyangkut ranah kognitif, afektif, dan psikomotrik.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)