Anda belum login :: 03 Jun 2025 03:13 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep Bermain Field Game Siswa Sekolah Dasar  
Oleh: Samodra, Y. Touvan Juni
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 34 no. 2 (Jun. 2015), page 302-310.
Topik: TGfU; direct instructional; pemahaman konsep bermain field game
Fulltext: 4835-12164-1-SM.pdf (72.12KB)
Isi artikelTujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dua model pembelajaran terhadap pemahaman konsep bermain field game. Model pembelajaran dalam penelitian ini adalah direct in-structional (DI) dan Teaching Game for Undertanding (TGfU) Metzler (2000). Desain penelitian ada-lah eksperimen post tes only. Sampel penelitian 80 siswa sekolah dasar yang terbagi atas dua kelom-pok eksperimen. Kelompok dengan treatment TGfU dan DI. Penelitian dilaksanakan selama 16 kali pertemuan. Pemahaman konsep bermain diukur dengan game performance assessment instrument (GPAI). Analisis data melalui teknik statistik inferensial (t-tes). Hasil uji t menunjukkan bahwa pema-haman konsep bermain tidak berbeda secara signifikan antara kedua kelompok eksperimen. Hal ini di-lihat dari signifikansi hitung Uji t 0.869.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)