Anda belum login :: 16 Apr 2025 10:37 WIB
Detail
ArtikelEfektivitas Model Jigsaw Disertai Penilaian Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Mahasiswa  
Oleh: Edriati, Sofia ; Anggraini, Villia ; Siska, Merry
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 34 no. 2 (Jun. 2015), page 288-295.
Topik: penilaian diskusi; model jigsaw; kemampuan matematis
Fulltext: 4833-12160-1-SM.pdf (266.08KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan matematis mahasiswa yang menggunakan model jigsaw disertai penilaian diskusi dengan tanpa penilaian diskusi dan perkuliahan konvensional. Penelitian ini menggunakan metode true eksperiment dengan randomi-zed control-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Aljabar Linier Elementer. Sampel sebanyak tiga kelas dipilih secara cluster random sampling. Data yang diperoleh dengan teknik tes (awal dan akhir), sedang analisis data dilakukan dengan meng-gunakan skor gain rata-rata. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan, yaitu berupa uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan kompeetnsi awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan matematis mahasiswa yang menggunakan model jigsaw disertai penilaian diskusi dengan tanpa penilaian diskusi dan perkuliahan konvensional.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)