Anda belum login :: 16 Apr 2025 10:37 WIB
Detail
ArtikelBelajar Gerak dan Matematika Dasar Melalui Pendekatan Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar  
Oleh: Sutresna, Nina
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 34 no. 2 (Jun. 2015), page 268-277.
Topik: belajar gerak; matematika dasar; pembelajaran terpadu
Fulltext: 4831-12156-1-SM.pdf (159.97KB)
Isi artikelTujuan penelitian mengkaji perbedaan pengaruh antara pendekatan pembelajaran terpadu dan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan motorik dasar dan mengetahui pe-ngaruh kemampuan awal terhadap kedua pendekatan tersebut. Taraf kemampuan awal dibagi menjadi kemampuan matematika dasar tinggi dan rendah. Penelitian dilakukan di SDN Panyileukan I Bandung Jawa Barat. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dengan sampel sebanyak 40 orang. Tes kemampuan motorik dan matematika dasar dipakai sebagai alat untuk mengumpulkan data. Teknik analisis memakai Anava 2x2 dengan uji lanjut Tuckey dan uji t pada taraf siginifikansi 0,05. Hasil pe-nelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan hasil belajar pendekatan pembelajaran terpadu lebih baik daripada hasil belajar konvensional. Untuk kemampuan awal matematika dasar rendah pendekat-an pembelajaran terpadu lebih baik dari pendekatan konvensional, sedangkan untuk kemampuan awal matematika dasar tinggi tidak terdapat perbedaan antara kedua pendekatan pembelajaran tersebut. Hasil belajar matematika pendekatan pembelajaran terpadu lebih tinggi dibandingkan pendekatan konvensional.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)