Anda belum login :: 03 Jun 2025 03:13 WIB
Detail
ArtikelPenilaian Pemahaman Representasi Grafik Materi Optika Geometri Menggunakan Tes Diagnostik  
Oleh: Bunawan, Wawan ; Rusli, Aloysius ; Setiawan, Agus ; Nahadi
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 34 no. 2 (Jun. 2015), page 257-267.
Topik: representasi grafik; optik geometri; diagnostik tes
Fulltext: 4830-12154-1-SM.pdf (399.27KB)
Isi artikelTujuan penelitian adalah mengembangkan dan menerapkan tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat untuk mengukur pemahaman representasi grafik mahasiswa terkait esensi inkuiri sains dan materi optika geometri. Penelitian menggunakan metode campuran melibatkan 83 mahasiswa calon guru fisika di satu LPTK Sumatera Utara. Instrumen tes diagnostik terlebih dahulu didesain kemudian disempurnakan selama proses, direvisi, dan digunakan untuk mendeteksi dan menilai pemahaman representasi grafik mahasiswa calon guru fisika. Instrumen tes telah dikembangkan untuk dapat men-diagnosis dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan calon guru fisika terkait dengan ke-terampilan mengonstruk grafik, menemukan kesulitan-kesulitan dalam membaca dan menginterpretasi grafik. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil studi menunjukkan pembacaan grafik dan keterampilan menginterpretasi grafik calon guru fisika masih belum memadai dan juga kemahiran dalam menganalisis grafik bergantung pada jenis grafik dan level atau tipe pertanyaan yang dikembangkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)