Anda belum login :: 18 Jul 2025 20:20 WIB
Detail
ArtikelPeningkatan Soft Skills Siswa SMP Melalui Pembelajaran Generatif  
Oleh: Moma, La
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 34 no. 2 (Jun. 2015), page 248-256.
Topik: kemampuan soft skills; pembelajaran generatif
Fulltext: 4829-12152-1-SM.pdf (186.89KB)
Isi artikelSoft skills merupakan faktor yang turut menunjang kesuksesan siswa belajar matematika. Perlu ada upaya untuk menerapkan suatu model pembelajaran yang dapat memicu peningkatan soft skills siswa dalam matematika. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran generatif sebagai alter-natif pembelajaran yang diperkirakan akan memicu peningkatan ketiga kemampuan tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar kontribusi penerapan model tersebut terhadap peningkatan kemampuan soft skills pada level sekolah (tinggi, sedang dan rendah). Penelitian menerapkan desain kuasi eksperimen. Sampel terdiri atas 191 orang siswa kelas VIII pada tiga SMP Negeri di Kota Yog-yakarta yang mewakili level sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes (pretes dan pos-tes), sedang analisis data menggunakan statistik uji-t dan anova dua jalur. Dari hasil analisis data di-temukan bahwa (1) ada perbedaan pencapaian, peningkatan soft skills siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan level sekolah terhadap pening-katan soft skills.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)