Anda belum login :: 16 Apr 2025 10:37 WIB
Detail
ArtikelMotivasi Belajar Sebagai Mediator Hubungan Kecerdasan Adversitas dan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa yang Aktif Berorganisasi  
Oleh: Rachmah, Dwi Nur ; Mayangsari, Marina Dwi ; Noor, Sukma
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 34 no. 2 (Jun. 2015), page 211-221.
Topik: kecerdasan adversitas; motivasi belajar; prokrastinasi akademik; mahasiswa yang aktif berorganisasi
Fulltext: 4826-12146-1-SM.pdf (198.81KB)
Isi artikelPenelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan adversitas terhadap prokrastinasi akademik secara langsung atau melalui motivasi belajar. Desain penelitian ini menggunakan metode cross sectional study. Subjek penelitian adalah 50 mahasiswa kedoktoren Universitas Lam-bung Mangkurat yang aktif berorganisasi yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala kecerdasan adversitas, skala motivasi belajar, dan skala prokrastinasi akademik. Sebelum digunakan untuk penelitian, instrumen diucobakan untuk memasti-kan kadar validitas dan reliabitasnya tinggi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, regresi ganda, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan adversitas berpe-ngaruh secara langsung maupun secara tidak langsung melalui motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)