Anda belum login :: 19 Jul 2025 03:19 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Penilaian dalam Pembelajaran Matematika  
Oleh: Purnomo, Yoppy Wahyu
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Cakrawala pendidikan vol. 34 no. 2 (Jun. 2015), page 182-191.
Topik: penilaian; pembelajaran berbasis penilaian; pemecahan masalah; pembelajaran matematika
Fulltext: 4823-12142-1-SM.pdf (126.54KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran berbasis penilaian dan melihat keefektifannya terhadap performa matematika siswa di sekolah dasar. Desain penilaian dikembangkan berdasarkan empat unsur, yaitu fokus pembelajaran, pertanyaan efektif, umpan balik formatif, serta penilaian diri dan sejawat. Tahapan yang direncanakan untuk implementasi pengembangan meliputi tahap inisiasi, konsolidasi, dan penanaman. Penelitian ini mendeskripsikan hasil pada tahapan pertama sebagai langkah awal untuk tahapan-tahapan selanjutnya. Performa matematika diukur dengan tes kemampuan pemecahan masalah dari 37 siswa kelas tiga sekolah dasar yang dengan suka rela berpartisipasi dalam penelitian ini. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh dengan menggunakan pre-test dan post-test. Analisis dilakukan lewat statistik deskriptif, uji normalitas, dan statistik nonparametrik (Wilcoxon Signed Rank) dengan program SPSS 21. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar melalui desain penilaian yang telah dikembangkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)