Anda belum login :: 16 Apr 2025 02:28 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Modifikasi Meas dengan Menggunakan Didactical Design Research untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Statistis Mahasiswa
Oleh:
Martadiputra, Bambang Avip Priatna
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Cakrawala pendidikan vol. 33 no. 2 (May 2014)
,
page 267-276.
Topik:
Model-Eliciting Activities (MEAs) yang dimodifikasi
;
didactical disain research
Fulltext:
2166-5970-1-PB.pdf
(619.51KB)
Isi artikel
Artikel ini berisi hasil penelitian tentang bagaimana cara memodifikasi pembelajaran Model- Eliciting Activities (MEAs) dengan menggunakan Didactical Design Research (DDR). Metode yang digunakan adalah Research & Development melalui tahap-tahap: persiapan untuk mengetahui efektivitas bahan ajar, pembelajaran MEAs yang dimodifikasi, tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan indeks kesukaran instrumen tes; pelaksanaan penelitian berupa uji coba pembelajaran MEAs yang dimodifikasi terhadap seluruh mahasiswa S1 pendidikan matematika yang mengikuti mata kuliah Statistika Dasar pada semester genap TA. 2011/2012 di sebuah PTN di Kota Bandung dengan metode kuasi-eksperimen menggunakan Split-Plot Nested Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir statistis mahasiswa reguler dan mahasiswa mengulang yang memperoleh pembelajaran MEAs yang dimodifikasi lebih tinggi secara signifikan dari mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)