Anda belum login :: 29 Apr 2025 18:56 WIB
Detail
ArtikelModel Authentic Self-Assessment dalam Pengembangan Employability Skills Mahasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi  
Oleh: Suarta, I Made ; Hardika, Nyoman Sentosa ; Sanjaya, I Gusti Ngurah ; Arjana, I Wayan Basi
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan vol. 19 no. 1 (Jun. 2015), page 46-57.
Topik: penilaian otentik; penilaian diri; keterampilan pemecahan masalah; keterampilan mengelola diri; pendidikan vokasi
Fulltext: 4555-11580-1-SM.pdf (325.24KB)
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat penilaian guna mengevaluasi capaian employability skills yang diintegrasikan dalam pembelajaran aplikasi basis data. Model penilaian yang dikembangkan merupakan kombinasi dari penilaian diri sendiri dan penilaian otentik, diusulkan dengan sebutan model authentic self-assessment. Langkah-langkah pengembangan model authentic self-assessment meliputi penentuan standar, penentuan tugas otentik, pembuatan kriteria, dan pembuatan rubrik. Hasil pengembangan perangkat penilaian terdiri atas: (1) model penilaian kemampuan pemecahan masalah; (2) model penilaian kemampuan mengelola diri sendiri; dan (3) model penilaian capaian pembelajaran aplikasi basis data. Model ini dapat digunakan untuk menilai aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil uji coba meng-indikasikan capaian kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan mengelola diri termasuk kategori baik, serta kompetensi merancang aplikasi basis data secara konseptual dan logikal termasuk kategori tinggi. Model ini juga telah memenuhi prinsip-prinsip dasar penilaian, yakni prinsip validitas, prinsip reliabilitas, terfokus pada kompetensi, komprehensif, prinsip objektivitas, dan prinsip mendidik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)