Anda belum login :: 05 Jun 2025 07:02 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Model Penilaian Keterampilan Intrapribadi dan Antarpribadi dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar  
Oleh: Khilmiyah, Akif ; Sumarno ; Zuchdi, Darmiyati
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan vol. 19 no. 1 (Jun. 2015), page 1-12.
Topik: keterampilan intrapribadi; keterampilan antarpribadi; pendidikan karakter.
Fulltext: 4550-11569-1-SM.pdf (328.11KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model penilaian keterampilan intrapribadi dan antarpribadi dalam pendidikan karakter di SD yang valid, reliabel, dan cocok secara statistik. Penelitian ini menggunakan model research and development dari Plomp dengan lima fase, yaitu: investigasi, desain, realisasi, tes, dan implementasi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD di DI Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, wawancara, FGD, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, formula Aiken’s V, EFA dan CFA. Simpulan penelitian ini yaitu konstruk penilaian keterampilan intrapribadi dan antarpribadi dalam pendidikan karakter telah memenuhi syarat validitas, reliabilitas, dan goodness of fit statistic; dan panduan penilaian keterampilan intrapribadi dan antarpribadi dalam pendidikan karakter di SD dinilai komprehensif, mudah, dan praktis oleh para guru selaku pengguna.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)