Anda belum login :: 20 Jul 2025 20:50 WIB
Detail
ArtikelUjian Nasional di Indonesia dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris  
Oleh: Saukah, Ali ; Cahyono, Agus Eko
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan vol. 19 no. 2 (Oct. 2015), page 243-255.
Topik: tes beresiko tinggi; tes beresiko rendah; ujian nasional; bahasa inggris
Fulltext: 5583-14554-1-PB.pdf (305.53KB)
Isi artikelPerubahan fungsi Ujian Nasional (UN) dari “high-stakes testing” menjadi “low-stakes testing” mendorong penulis untuk melakukan penelitian eksploratif terhadap persamaan dan perbedaan UN dalam fungsinya yang berbeda dengan mengkaji dampaknya pada proses belajar-mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris. Penulis mengkaji bagaimana para guru mengajar Bahasa Inggris dalam mempersiapkan para siswa menghadapi UN sebelum dan setelah ada perubahan kebijakan. Penelitian eksploratif ini dilaksanakan dengan mewawancarai enam guru bahasa Inggris dari tiga sekolah yang mutunya berbeda-beda. Wawancara terhadap para guru dilakukan menjelang pelaksanaan UN 2015. Penelitian ini dilengkapi dengan data sekunder berupa hasil UN 2015 yang memperkuat temuan penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa sekolah yang mutunya lebih rendah cenderung lebih banyak terpengaruh oleh perubahan status UN daripada sekolah yang mutunya lebih tinggi dalam hal mempersiapkan para siswanya menghadapi UN. Hasil analisis data sekunder, rendahnya aspek kejujuran dalam UN, menunjukkan UN masih dianggap sebagai “high-stakes testing”.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)