Anda belum login :: 03 Jun 2025 15:00 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Model Assessment ss Learning Pembelajaran Akuntansi di SMK  
Oleh: Sudiyanto ; Kartowagiran, Badrun ; Muhyadi
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan vol. 19 no. 2 (Oct. 2015), page 189-201.
Topik: model-AaL; kompetensi siswa; dan pembelajaran akuntansi.
Fulltext: 5579-14550-1-PB.pdf (403.01KB)
Isi artikelTujuan penelitian ini adalah mengembangkan model assessment as learning (model-AaL) untuk meningkatkan kompetensi siswa pada pembelajaran akuntansi di SMK. Pengembangan model asesmen ini mengadaptasi model pengembangan Hopkin & Clark, yang terdiri atas dua tahap, yaitu: (1) tahap penelitian, dan (2) tahap pengembangan. Tahap penelitian meliputi: penelitian pendahuluan, studi hasil penelitian, analisis komponen model, penyusunan prototipe model. Tahap pengembangan meliputi: validasi model oleh pakar dan praktisi, melatih guru menggunakan model, uji coba model terbatas dan diperluas disertai evaluasi. Subjek penelitian adalah guru akuntansi dan siswa kelas X kompetensi keahlian akuntansi SMK. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, pengamatan, dan tes. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis perkembangan (repeated measures analysis) dan paired samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) ada enam komponen yang harus ada pada Model-AaL untuk meningkatkan kompetensi akuntansi siswa pada pembelajaran akuntansi di SMK, yaitu: tujuan, tugas terstruktur, asesmen diri, asesmen teman sejawat, pengamatan aktivitas siswa, dan umpan balik; dan (2) model-AaL efektif dapat meningkatkan kompetensi akuntansi siswa pada pembelajaran akuntansi di SMK, dengan nilai p (Sig) < a (0,05).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)