Anda belum login :: 28 Jul 2025 00:52 WIB
Detail
ArtikelPerbandingan Estimasi Kesalahan Pengukuran Standard Setting dalam Penilaian Kompetensi Akuntansi SMK  
Oleh: Prijowuntato, Sebastianus Widanarto ; Mardapi, Djemari ; Budiyono
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan vol. 19 no. 2 (Oct. 2015), page 176-188.
Topik: Estimasi kesalahan pengukuran; Bootstrap; Cut Score
Fulltext: 5578-14549-1-PB.pdf (491.94KB)
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengestimasi kesalahan pengukuran pada metode Angoff, Ebel, dan Bookmark dalam penilaian kompetensi Akuntnasi jenjang SMK di DIY yang digunakan standard setter dalam menentukan cut score. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah respon peserta Ujian Nasional Praktik Akuntansi Paket 2 tahun ajaran 2011/2012 dengan 338 siswa. Guru-guru yang terlibat dalam Focus Group Discussion (FGD) berjumlah sembilan orang yang terdiri dari tujuh wanita dan dua pria. Teknik analisis dalam penelitian ini dibagi dalam tiga tahap yaitu: (1) persiapan, (2) FGD, (3) estimasi kesalahan pengukuran dengan menggunakan Bootstrap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cut score untuk metode Angoff sebesar 67,809, Ebel sebesar 59,034, dan Bookmark sebesar 57,022. Metode Angoff memiliki estimasi kesalahan pengukuran yang paling kecil (2,102) dibandingkan dengan metode Ebel (4,004) dan metode Bookmark (4,042). Oleh karena itu, metode Angoff merupakan metode yang tepat untuk mengestimasi kesalahan pengukuran pada standard setting.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)